Tuesday 7 April 2015

DISIPLIN BELAJAR

DISIPLIN BELAJAR
A.    Pengertian Disiplin

Disiplin bagi peserta didik adalah hal yang rumit dipelajari sebab merupakan hal yang kompleks dan banyak kaitannya, yaitu dengan pengetahuan, sikap, dan prilaku. Masalah disiplin yang dibahas dalam penelitian ini adalah disiplin yang dilakukan oleh para siswa dalam kegiatan belajarnya baik dirumah maupun disekolah.Berdisiplin disini sangatlah penting bagi siswa. Berdisiplin akan membuat seorang siswa memiliki beberapa mengenai cara belajar yang baik, juga merupakan suatu proses kearah pembentukan watak yang baik. Disiplin tersebut akan terwujud melalui pembinaan sejak dini, sejak usia muda dimulai dari lingkungan keluarga melalui pendidikan yang tertanam sejak usia muda yang semakin lama semakin menyatu dalam dirinya dengan bertambahnya usia. Sehingga dalam hal ini dalam pendidikan khususnya di dalam sekolah disiplin harus bisa diterapkan kepada para siswa tentu saja dengan proses dan cara penerapan serta pembinaan yang berlanjut yang menjadikan siswa mempunyai kedisiplinan dalam dunia sekolah yang berlaku dalam dunia pendidikan.
Untuk lebih memahami tentang disiplin belajar terlebih dahulu akan dikemukakan pengertian disiplin menurut beberapa para ahli :
  1. Menurut Webster New World Dictionary (Webster dalam Ali Imron, 2011:173) disiplin adalah latihan untuk mengendalikan diri, karakter dan keadaan secara tertib dan efisien.
  2. Menurut Wardani dan Moh. Jauhar (2011:150) disiplin ialah ketaatan atau kepatuhan kepada peraturan tata tertib, aturan yang berkaitan dengan jam belajar di sekolah yang meliputi jam masuk sekolah dan keluar sekolah, kepatuhan siswa dalam berpakaian, kepatuhan siswa dalam mengikuti kegiatan sekolah.
Dari pengertian disiplin diatas dapat di simpulkan bahwa yang dimaksud disiplin dalam penelitian ini adalah pernyataan sikap dan perbuatan siswa dalam melaksanakan kewajibannya secara sadar dengan cara menaati peraturan yang ada di lingkungan sekolah maupun dirumah.
Berdisiplin sangat penting bagi setiap siswa. Karena dengan berdisiplin akan membuat seorang siswa memiliki kecakapan mengenai cara bersikap dan juga merupakan suatu proses kearah pembentukan watak yang baik.
1)      Fungsi disiplin menurut Tulus Tu’u (2004) dalam buku peran disiplin pada prilaku dan prestasi siswa yaitu :

a)      Menata Kehidupan Bersama
Disiplin berguna untuk menyadarkan seseorang bahwa dirinya perlu menghargai orang lain dengan cara menaati dengan mematuhi peraturan yang berlaku, sehingga tidak akan merugikan pihak lain dan hubungan dengan sesama menjadi baik dan lancar.
b)     Membangun Kepribadian
Pertumbuhan kepribadian seseorang biasanya di pengaruhi oleh faktor lingkungan, disiplin yang diterapkan di masing-masing lingkungan tersebut memberi dampak bagi pertumbuhan kepribadian yang baik. Oleh karena itu, dengan disiplin seseorang akan terbiasa mengikuti, mematuhi aturan yang berlaku dan kebiasaan itu lama kelamaan masuk kedalam dirinya serta berperan dalam membangun kepribadian yang baik.
c)      Melatih Kepribadian
Sikap, prilaku dan pola kehidupan yang baik dan berdisiplin terbentuk melalui latihan. Demikian juga dengan kepribadian yang tertib teratur dan patuh perlu dibiasakan dan di latih.
d)     Pemaksaan
Disiplin dapat terjadi karena adanya pemaksaan dan tekanan dari luar, misalnya ketika seorang siswa yang kurang disiplin masuk ke satu sekolah / Lembaga Pondok Pesantren yang berdisiplin sangat baik, maka dengan terpaksa siswa tersebut harus mematuhi tata tertib yang ada di sekolah / Lembaga Pondok Pesantren tersebut.
e)      Hukuman
Tata tertib biasanya berisi hal-hal positif dan sanksi atau hukuman bagi yang melanggar tata tertib tersebut.
f)       Menciptakan Lingkungan Yang Kondusif
Disiplin sekolah / Lembaga Ponpes berfungsi mendukung terlaksananya proses dan kegiatan pendidikan agar berjalan lancar dan memberi pengaruh bagi terciptanya sekolah / Lembaga Ponpes sebagai lingkungan pendidikan yang kondusif bagi kegiatan pembelajaran.

B.     Pengertian Belajar
Belajar merupakan tindakan dan perilaku siswa yang kompleks. Sebagai tindakan, maka belajar hanya dialami oleh siswa sendiri. Ada berbagai macam pendapat ahli tentang belajar antara lain :
1.      Pendapat Para Ahli tentang belajar :
a.      Belajar Menurut  Pandangan Skinner
Skinnner berpandangan bahwa belajar adalah suatu perilaku. Pada saat orang belajar, maka responnya menjadi lebih baik. Sebaliknya, bila ia tidak belajar maka responnya menurun.
b.      Belajar Menurut Gagne
Menurut Gagne belajar merupakan kegiaan yang kompleks. Hasil belajar berupa kapabilitas. Setelah belajar orang memiliki keterampilan, pengetahuan, sikap dan nilai.
c.       Belajar Menurut Pandangan Piaget
Piaget berpendapat bahwa pengetahuan dibentuk oleh individu. Sebab individu melakukan interaksi terus menerus dengan lingkungan. Lingkungan tersebut mengalami perubahan. Dengan adanya interaksi dengan lingkungan maka fungsi intelek semakin berrkembang.
d.      Belajar Menurut Rogers
Rogers menyayangkan praktek pendidikan disekolah tahun 1960_an. Menurut pendapatnya, praktek pendidikan menitik beratkan pada segi pengajaran, bukan pada siswa yang belajar. Praktek tersebut ditandai oleh peran guru yang dominan dan siswa hanya menghafalkan pelajaran.

2.      Tujuan Belajar
Tujuan belajar penting bagi guru dan siswa sendiri. Dalam desain instruksional guru merumuskan tujuan instruksional khusus atau sasaran belajar siswa. Rumusan tersebut disesuaikan dengan perilaku yang hendaknya dapat dilakukan siswa.
Berdasarkan pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa disiplin belajar adalah sikap siswa yang terbentuk melalui proses dari serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai – nilai ketaatan, dan keteraturan berdasarkan acuan nilai moral individu untuk memperoleh perubahan tingkah laku yang mencakup perubahan berfikir, sikap dan tindakan yang sesuai dengan standar sosial.
Contoh Kisi-kisi Variabel Disiplin Belajar

No.
Dimensi
Indikator
Nomor Soal
1.
Waktu
Disiplin Menghargai Waktu
Belajar secara teratur
3, 4
12,15
2.
Tempat
Perilaku kedisiplinan di dalam kelas
Disiplin dalam belajar di sekolah maupun di rumah
8,9,10,14
5, 11, 13
3.
Norma
Menaati Tata Tertib Sekolah
1, 2, 6

No comments:

Post a Comment