DISIPLIN
BELAJAR
A. Pengertian
Disiplin
Disiplin bagi peserta didik adalah
hal yang rumit dipelajari sebab merupakan hal yang kompleks dan banyak
kaitannya, yaitu dengan pengetahuan, sikap, dan prilaku. Masalah disiplin yang
dibahas dalam penelitian ini adalah disiplin yang dilakukan oleh para siswa
dalam kegiatan belajarnya baik dirumah maupun disekolah.Berdisiplin disini
sangatlah penting bagi siswa. Berdisiplin akan membuat seorang siswa memiliki
beberapa mengenai cara belajar yang baik, juga merupakan suatu proses kearah
pembentukan watak yang baik. Disiplin tersebut akan terwujud melalui pembinaan
sejak dini, sejak usia muda dimulai dari lingkungan keluarga melalui pendidikan
yang tertanam sejak usia muda yang semakin lama semakin menyatu dalam dirinya
dengan bertambahnya usia. Sehingga dalam hal ini dalam pendidikan khususnya di
dalam sekolah disiplin harus bisa diterapkan kepada para siswa tentu saja
dengan proses dan cara penerapan serta pembinaan yang berlanjut yang menjadikan
siswa mempunyai kedisiplinan dalam dunia sekolah yang berlaku dalam dunia
pendidikan.
Untuk lebih memahami tentang
disiplin belajar terlebih dahulu akan dikemukakan pengertian disiplin menurut
beberapa para ahli :
- Menurut Webster New World
Dictionary (Webster dalam Ali Imron, 2011:173) disiplin adalah latihan
untuk mengendalikan diri, karakter dan keadaan secara tertib dan efisien.
- Menurut Wardani dan Moh. Jauhar
(2011:150) disiplin ialah ketaatan atau kepatuhan kepada peraturan tata
tertib, aturan yang berkaitan dengan jam belajar di sekolah yang meliputi
jam masuk sekolah dan keluar sekolah, kepatuhan siswa dalam berpakaian, kepatuhan
siswa dalam mengikuti kegiatan sekolah.
Dari pengertian disiplin diatas dapat di simpulkan bahwa
yang dimaksud disiplin dalam penelitian ini adalah pernyataan sikap dan
perbuatan siswa dalam melaksanakan kewajibannya secara sadar dengan cara menaati
peraturan yang ada di lingkungan sekolah maupun dirumah.
Berdisiplin sangat penting bagi setiap siswa. Karena dengan
berdisiplin akan membuat seorang siswa memiliki kecakapan mengenai cara
bersikap dan juga merupakan suatu proses kearah pembentukan watak yang baik.
1) Fungsi
disiplin menurut Tulus Tu’u (2004) dalam buku peran disiplin pada prilaku dan
prestasi siswa yaitu :
a)
Menata Kehidupan Bersama
Disiplin berguna untuk menyadarkan
seseorang bahwa dirinya perlu menghargai orang lain dengan cara menaati dengan
mematuhi peraturan yang berlaku, sehingga tidak akan merugikan pihak lain dan
hubungan dengan sesama menjadi baik dan lancar.
b)
Membangun Kepribadian
Pertumbuhan kepribadian seseorang
biasanya di pengaruhi oleh faktor lingkungan, disiplin yang diterapkan di
masing-masing lingkungan tersebut memberi dampak bagi pertumbuhan kepribadian
yang baik. Oleh karena itu, dengan disiplin seseorang akan terbiasa mengikuti,
mematuhi aturan yang berlaku dan kebiasaan itu lama kelamaan masuk kedalam
dirinya serta berperan dalam membangun kepribadian yang baik.
c)
Melatih Kepribadian
Sikap, prilaku dan pola kehidupan
yang baik dan berdisiplin terbentuk melalui latihan. Demikian juga dengan
kepribadian yang tertib teratur dan patuh perlu dibiasakan dan di latih.
d)
Pemaksaan
Disiplin dapat terjadi karena adanya
pemaksaan dan tekanan dari luar, misalnya ketika seorang siswa yang kurang
disiplin masuk ke satu sekolah / Lembaga Pondok Pesantren yang berdisiplin
sangat baik, maka dengan terpaksa siswa tersebut harus mematuhi tata tertib
yang ada di sekolah / Lembaga Pondok Pesantren tersebut.
e)
Hukuman
Tata tertib biasanya berisi hal-hal
positif dan sanksi atau hukuman bagi yang melanggar tata tertib tersebut.
f)
Menciptakan Lingkungan Yang Kondusif
Disiplin sekolah / Lembaga Ponpes
berfungsi mendukung terlaksananya proses dan kegiatan pendidikan agar berjalan
lancar dan memberi pengaruh bagi terciptanya sekolah / Lembaga Ponpes sebagai
lingkungan pendidikan yang kondusif bagi kegiatan pembelajaran.
B. Pengertian
Belajar
Belajar merupakan tindakan dan
perilaku siswa yang kompleks. Sebagai tindakan, maka belajar hanya dialami oleh
siswa sendiri. Ada berbagai macam pendapat ahli tentang belajar antara lain :
1. Pendapat
Para Ahli tentang belajar :
a. Belajar
Menurut Pandangan Skinner
Skinnner berpandangan bahwa belajar
adalah suatu perilaku. Pada saat orang belajar, maka responnya menjadi lebih
baik. Sebaliknya, bila ia tidak belajar maka responnya menurun.
b. Belajar
Menurut Gagne
Menurut Gagne belajar merupakan
kegiaan yang kompleks. Hasil belajar berupa kapabilitas. Setelah belajar orang
memiliki keterampilan, pengetahuan, sikap dan nilai.
c. Belajar
Menurut Pandangan Piaget
Piaget berpendapat bahwa pengetahuan
dibentuk oleh individu. Sebab individu melakukan interaksi terus menerus dengan
lingkungan. Lingkungan tersebut mengalami perubahan. Dengan adanya interaksi
dengan lingkungan maka fungsi intelek semakin berrkembang.
d. Belajar
Menurut Rogers
Rogers menyayangkan praktek
pendidikan disekolah tahun 1960_an. Menurut pendapatnya, praktek pendidikan
menitik beratkan pada segi pengajaran, bukan pada siswa yang belajar. Praktek
tersebut ditandai oleh peran guru yang dominan dan siswa hanya menghafalkan pelajaran.
2. Tujuan
Belajar
Tujuan belajar penting bagi guru dan
siswa sendiri. Dalam desain instruksional guru merumuskan tujuan instruksional
khusus atau sasaran belajar siswa. Rumusan tersebut disesuaikan dengan perilaku
yang hendaknya dapat dilakukan siswa.
Berdasarkan
pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa disiplin belajar adalah sikap siswa
yang terbentuk melalui proses dari serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai
– nilai ketaatan, dan keteraturan berdasarkan acuan nilai moral individu untuk
memperoleh perubahan tingkah laku yang mencakup perubahan berfikir, sikap dan
tindakan yang sesuai dengan standar sosial.
Contoh
Kisi-kisi Variabel Disiplin Belajar
No.
|
Dimensi
|
Indikator
|
Nomor Soal
|
1.
|
Waktu
|
Disiplin Menghargai Waktu
Belajar secara teratur
|
3,
4
12,15
|
2.
|
Tempat
|
Perilaku kedisiplinan di dalam kelas
Disiplin dalam belajar di sekolah maupun di
rumah
|
8,9,10,14
5,
11, 13
|
3.
|
Norma
|
Menaati Tata Tertib Sekolah
|
1,
2, 6
|
No comments:
Post a Comment